Find Us On Social Media :

Studi: Penyakit Autoimun Multiple Sclerosis Disebabkan Bakteri Usus

Salah satu ciri pPenderita penyakit autoimun multiple sclerosis adalah mudah lelah .

GridHEALTH.id - Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun dan peradangan sistem saraf pusat yang memengaruhi sel saraf dalam otak dan tulang belakang.

Baca Juga: Rutin Minum Susu Saat Hamil Bisa Turunkan Risiko Bayi Terkena Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis berisiko dan tidak bisa disembuhkan. Cirinya, dari kaki yang lumpuh sampai gangguan pengelihatan.

Penderita bisa hanya memiliki satu gejala ringan, atau sangat sedikit gejala, atau banyak gejala dengan disabilitas parah.

Untuk mencari tahu asal usul MS, para ahli melakukan analisis kepada 60 pasang saudara kembar identik di Jerman. Salah satunya adalah Lisa dan Julia Ngo yang menempuh studi di Universitas Ludwig Maximilian, München.

Meski memiliki wajah serupa, keduanya memiliki kesehatan yang sangat berbeda. Lisa menderita MS, tetapi Julia tidak.

"Saya ingin tahu MS berasal dari mana, " kata Lisa kepada DW. "Kadang saya bertanya-tanya, kenapa saya kena penyakit ini. Apakah saya punya gaya hidup yang salah? Inikah yang memicu timbulnya MS? Jadi saya ikut serta dalam studi ini," sambung dia.

Baca Juga: Menjelang 40 Wajah Mulus Dewi Sandra Makin Banyak Dipuji, 'Padahal Saya Lebih Suka Ke Majelis Taklim Daripada Ke Klinik Kecantikan'

Para peneliti percaya, pemicu MS dapat ditemukan di mikrobioma usus, yang berbeda di semua orang, termasuk di anak kembar.