Find Us On Social Media :

Studi: Penyakit Autoimun Multiple Sclerosis Ternyata Bisa Diprediksi Sebelumnya

Masalah multiple sclerosis dapat diprediksi sebelumnya. Tepatnya 5 tahun sebelum penyakit ini muncul.

 

GridHEALTH.id -  Multiple sclerosis (MS) atau sklerosis ganda adalah penyakit progresif yang muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang selaput pelindung saraf (mielin) dalam otak dan saraf tulang belakang.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Penderita Multipe Sclerosis, Sinar Matahari dan Vitamin D3 Kurangi Angka Kekambuhan

Kerusakan mielin ini bisa menghalangi sinyal-sinyal saraf yang dikirim melalui otak dan mengakibatkan komunikasi antara otak dengan bagian-bagian tubuh menjadi terganggu.

 

Dalam situs WebMD disebutkan, penyakit MS adalah penyakit jangka panjang dan bisa memengaruhi otak, sumsung tulang belakang, dan saraf optik di mata.

Karenanya, orang yang menderita penyakit ini akan mengalami gangguan penglihatan, gangguan keseimbangan dan koordinasi, gangguan kognitifkontrol otot, dan fungsi dasar tubuh lainnya.

Penyebab MS masih misterius, tetapi faktor genetik dan lingkungan ikut berpengaruh. MS terjadi ketika sistem imun kita menyerang material lemak selubung saraf yang disebut myelin.

Derajat keparahan penyakit ini juga bervariasi, ada orang yang gejalanya hanya ringan dan tidak butuh terapi apa pun. Sementara ada juga pasien yang mengalami kelumpuhan sehingga sama sekali tidak bisa beraktivitas.

Baca Juga: Diabetes Tipe 1 Banyak Diderita Sejak Balita, Ini Cara Menghindari Risiko Komplikasi

Menurut hasil penelitian dari Universitas British Columbia dikatakan, masalah MS dapat diprediksi sebelumnya. Tepatnya 5 tahun sebelum penyakit ini muncul.