Find Us On Social Media :

Penyakit Autoimun Lupus Punya 'Seribu Wajah', Ini Deteksi Dini SALURI yang Bisa Dilakukan di Puskesmas

Memeriksa rambut apakah rontok atau tidak merupakan bagian dari Periksa Lupus Sendiri (SALURI).

GridHEALTH.idPenderita lupus mempunyai gejala beragam. Biasanya penderita mengalami keluhan pada kulitnya sehingga berobat ke dokter spesialis kulit.

Baca Juga: Penyakit Autoimun Lupus yang Diderita Kim Kardashian Terkenal Sebagai 'Pembunuh Diam-diam', Ini Komplikasi yang Mungkin Dialami

Gejala lupus adalah kulit kemerahan di sekitar hidung dan pipi bercak–bercak merah di bagian wajah atau lengan. Selain pada kulit, penderita juga merasakan lelah, demam berkepanjangan, rambut rontok, persendian bengkak, dan sariawan.

World Health Organization mencatat jumlah penderita lupus di dunia hingga saat ini mencapai lima juta orang, dan setiap tahunnya ditemukan lebih dari 100 ribu kasus baru.

Menurut data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Indonesia Online 2016, terdapat 2.166 pasien rawat inap yang didiagnosis penyakit lupus.

Tren ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan 2014, dengan ditemukannya 1.169 kasus baru.

Tingginya angka kematian akibat lupus perlu mendapat perhatian khusus karena 25% atau sekitar 550 jiwa meninggal akibat lupus pada 2016.

Baca Juga: Jauh dari Terpaan Isu Miring, Anang Hermansyah Tegur Keras Ashanty Masalah 'Jatah': Olahraga Dong!

Sebagian besar penderita lupus adalah perempuan dari kelompok usia produktif (15-50 tahun), meski begitu lupus juga dapat menyerang laki-laki, anak-anak, dan remaja.