Find Us On Social Media :

Kena Sakit Mata Merah, Selebriti Ini Malah Pakai ASI Untuk Obat Tetes Mata, Apa Kata Dokter?

Luyendyk itu mengklaim kalau ASI sang istri bisa menyembuhkan sakit mata merah yang dideritanya.

GridHEALTH.id - Mata merah atau konjuctivitis adalah peradangan atau infeksi pada membran transparan (conjunctiva) yang membatasi kelopak mata dengan bola mata.

Baca Juga: Sembuhkan 'Sakit Mata' atau Iritasi Mata Merah Ini di Rumah

Peradangan ini menyebabkan pembuluh darah di conjuctiva menjadi lebih mencolok, yang menyebabkan perubahan warna pink atau merah pada bagian putih mata.

Mata merah umumnya disebabkan oleh bakteri atau infeksi virus, reaksi alergi atau pada bayi yang baru lahir – pembukaan saluran air mata yang tidak sempurna. Karena mata pink dapat menular, diagnosis yang cepat dan pengobatan adalah cara terbaik untuk membantu membatasi penyebarannya.

Gejala yang biasa terjadi pada penyakit konjunctivitis adalah kemerahan pada satu atau kedua mata, rasa gatal pada satu atau kedua mata, keluar air mata terus-menerus, dan merasa seperti  ada pasir pada satu atau kedua mata.

Mata merah tidak seharusnya diremehkan karena cenderung mengganggu saat beraktivitas seperti berkomunikasi dengan orang lain.

Selain itu, mata merah juga terasa mengganggu bagi penderitanya terlebih jika memiliki sejumlah gejala lain berupa sakit, perih, gatal, berair, bernanah (belekan), atau bengkak sehingga membuat penglihatan menjadi samar.

Baca Juga: Dididik Jadi Pribadi yang Kuat, AHY Diam-diam Masih Sering Tangisi Ani Yudhoyono: 'Ibu Tidak Pernah Absen Dimana pun Saya'

Jika mengalami gejala tersebut segeralah berobat ke dokter spesialis mata, dan biasanya dokter akan memberikan obat tetes mata.