Find Us On Social Media :

Di Amerika, Ribuan Dolar Hilang Tiap Tahun Akibat Sakit Mata Kering!

Tingkatkan kelembapan mata dengan menggunakan tetes air mata buatan untuk menjaga mata tetap lembap dan terlumasi.

 

GridHEALTH.id - Mata kering terjadi saat hilangnya keseimbangan komponen air mata yang ditandai berbagai gejala, salah satunya kerusakan atau peradangan pada permukaan mata. Gejala lainnya, adalah air mata tidak stabil dan peningkatan kekentalan air mata.

Baca Juga: Berbagai Cara Membuat Mata Tak Lagi Kering, Termasuk Operasi Pemasangan Saluran Air Mata!

Kondisi itu disebabkan sejumlah faktor pendorong seperti degeneratif, ketidakstabilan hormon dan penggunaan obat obatan.

Namun, aktivitas dengan atensi visual atau fokus tinggi dalam durasi waktu lama, seperti menatap monitor atau gawai, membaca buku dan mengemudikan kendaraan dapat menjadi faktor penyebab mata lelah dan kering.

Ini karena saat melakkan kegiatan-kegiatan di atas, kita sedang fokus sehingga frekuensi berkedip berkurang, sehingga mata terasa seperti mengganjal, mudah merah berulang, berair, terasa kering, sensasi berpasir, ada kotoran mata, terasa lengket, rasa gatal yang memicu untuk mengucek mata.

Asal tahu saja, penderita mata kering di Amerika Serikat semakin meningkat dan telah menyebabkan negara kehilangan sekitar 55 miliar dolar AS per tahun.

Untuk mengurangi kekeringan pada mata, perlu dilakukan pencegahan penguapan kelembapan mata. Sebab, sama seperti cairan lain, air mata juga menguap saat terpapar udara. Untuk menjaga kelembapan mata:

Baca Juga: Fact or Fake, Saling Pandang Bisa Bikin Mata Merah Jadi Menular?

- Jangan memaparkan mata secara langsung pada udara (seperti pemanas mobil, pengering rambut, dan AC)

- Jaga tingkat kelembapan udara di dalam rumah agar tetap di antara 30-50%