Find Us On Social Media :

Bau Mulut, Tanda Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Kesehatan mulut bisa menjadi alat prediksi yang baik tentang kesehatan jantung seseorang.

GridHEALTH.id - Serangan jantung merupakan gejala penyakit jantung. Penyakit jantung disebabkan oleh gumpalan lemak yang menghalangi suplai darah di arteri koroner.

Baca Juga: Sebelum ke Dokter, Ini Cara Mengobati Masalah Gigi dan Mulut di Rumah

Kondisi ini juga disebut dengan infark miokard, disebabkan oleh kurangnya darah yang mencapai jantung. Tanpa cukup darah, jantung bisa rusak parah dan bahkan bisa mengancam jiwa.

Berdasarkan National Health Institute di Inggris, serangan jantung merupakan kondisi medis serius yang membutuhkan perawatan dengan segera.

Menurut Adam Taylor, seorang Direktur Pusat Pembelajaran Anatomi Klinis & Dosen Senior bidang Anatomi di Universitas Lancaster, Inggris, bau mulut bisa menjadi salah satu tanda paling awal dari penyakit jantung koroner, meski tidak secara langsung.

Bau mulut yang muncul sebagai tanda peringatan awal saat seseorang menderita sakit gusi. Sedangkan penyakit gusi adalah indikator penyakit jantung.

"Sayangnya, tanda pertama yang dimiliki banyak orang ketika jantung mereka tidak berfungsi dengan baik adalah saat mereka mengalami serangan jantung,'' tulisnya di The Conversation, yang dikutip oleh Express UK.

Baca Juga: Aktor Ganteng Ini Pernah Berniat Bunuh Diri Karena Depresi, Dokter Sebut Tidak Banyak Orang yang Tahu Gejala Depresi, Simak Gejalanya

Taylor menjelaskan, kesehatan mulut bisa menjadi prediktor yang baik tentang kesehatan jantung seseorang.