Find Us On Social Media :

Bayinya Masih Kuning, Kartika Putri Tetap Jalankan Akikah, Begini Caranya Agar Bayi Kuning Cepat Sembuh

Habib Usman bin Yahya, Kartika Putri dan anak-anak saat ditemui Grid.ID di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (17/11/2019).

GridHEALTH.id - Kartika Putri baru saja menggelar acara akikah anak pertamanya dengan Habib Usman, Khalisa Aghnia Bahira, meskipun bayinya masih menderita jaundice alias bayi kuning.

Baca Juga: Tergolong Orang yang Boleh Poligami, Kartika Putri Peringatkan Habib Usman: 'Ini Jahitan Baru Kering Basah Lagi'

"Alhamdulillah hari ini udah tasakuran aqiqah Khalisa Aghnia Bahira, insyaallah berkah dan mendapatkan keberkahan dan ridho Allah," ujar Habib Usman saat ditemui di kediamannya, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (17/11/2019) seperti dikutip dari Grid.ID

Menurut Kartika Putri, bayinya mengidap jaundice karena kadar bilirubinnya yang mencapai angka 17.

"Makanya saya berikan ASI eksklusif langsung, karena baby-nya nggak mau pake dot, jadi sempet ngilang dari tamu-tamu karena memang harus kasih ASI,” katanya.

Bayi kuning atau jaundice atau ikterus untuk istilah kedokterang di Indonesia merujuk pada bayi yang terlihat kuning, dari kulit kepala, ujung kaki, hingga bagian putih mata bayisaat dilahirkan.

Gangguan kesehatan ini terjadi karena tingkat bilirubin dalam tubuh bayi tinggi. 

Baca Juga: Kisah Sebuah Toko Ponsel Biarkan Seorang Bocah Kerjakan PR Sekolah Demi Akses Internet

Sebenarnya, kasus bayi kuning tersebut sangat umum terjadi. Ini karena sistem organ tubuh bayi belum matang.