Find Us On Social Media :

Zat Kimia Berbahaya di Rumah Ini Disukai Para Ibu Padahal Bisa Menyebabkan Henti Napas

Zat kimia berbahaya di rumah juga terdapat pada pewangi dan pelembut pakaian.

GridHEALTH.id - Tahapan terakhir di saat para ibu selesai mencuci baju adalah menaruh pelembut sekaligus pewangi pakaian pada bilasan terakhir. Biasanya merek yang disuka sekaligus mengandung antibakteri.

Baca Juga: Zat Kimia Berbahaya di Rumah Phtalates Terdapat Pada Pengharum Ruangan dan Sabun Cuci Piring, Ini Penggantinya yang Juga Harum

Padahal hampir semua cairan pewangi dan pelembut tersebut mengandung apa yang disebut Quartenary Ammonium Compounds (QUATS)  

Quats merupakan bentuk lain dari antimikroba, dan efeknya sama seperti triclosan yang berpotensi menumbuhkan bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Quats juga bisa membuat kulit iritasi. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun mengungkap bahwa quats adalah salah satu pemicu terjadinya infeksi kulit.

Menurut Rebecca Sutton, PhD, ilmuwan senior dai Environmental Working Group, quats adalah zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

"Ada bukti yang menunjukkan, bahkan orang dengan kondisi fisik sehat yang sehari-harinya terpapar quats bisa menderita asma berat yang pada kasus ekstrem menyebabkan henti napas," terang Rebecca.

Baca Juga: Selalu Berkeringat, Wanita Ini Mengira Hanyalah Tanda Menopause, Tapi Ternyata Dia Alami Kondisi Mematikan

Solusinya, kurangi bahkan jika perlu hentikan pemakaian pelembut kain. Untuk melembutkan kain, kita bisa gunakan bahan alami dengan campuran cuka dan tea-tree oil.