Find Us On Social Media :

Benar Kata yang Mengalami, Pemulihan Operasi Sesar Butuh Lebih Lama, Tapi Jangan Khawatir, Lakukan Hal-hal Ini Agar Terasa Nyaman

Empat belas tips agar pemulihan operasi sesar berjalan lebih cepat dan lancar.

GridHEALTH.id - Pemulihan operasi sesar tanpa komplikasi dapat berkisar antara 4-6 minggu. Oleh karena itu, saat ini biasanya tubuh sudah terasa jauh lebih membaik dan nyaman untuk beraktivitas seperti semula.

Baca Juga: Benarkah Persalinan Sesar Merupakan Warisan? Ini Jawaban Dokter

Namun sebelum itu, setelah melahirkan, lebih-lebih melahirkan dengan operasi sesar, bukan berarti si ibu bebas beraktivitas laiknya sebelum hamil.

Para ibu biasanya akan mengalami beberapa hal yang mungkin kurang nyaman. Tetapi jangan khawatir,  ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar proses pemulihan dapat berlangsung relatif cepat dan mudah.

Berikut adalah empat belas tips agar pemulihan operasi sesar berjalan lebih cepat dan lancar, menurut buku 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat (2009) karangan Nadia Indivara.

1. Jangan membawa beban berat. Kondisi ibu pasca operasi caesar biasanya masih lemah, apalagi rasa nyeri saat pemulihan operasi sesar belum mereda.

Setelah 1 bulan, kondisi ibu biasanya akan membaik jika diikuti dengan istirahat dan makan yang baik.

Baca Juga: Ingin Ibunya Meniru Agar Cepat Sembuh, Herjunot Ali Putuskan Jalani Pola Makan Vegan, Ternyata Ini Manfaatnya Jadi Vegetarian

2. Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman. Masa nifas adalah masa setelah melahirkan hingga 6 minggu. Tetapi, ibu baru akan pulih sempurna seperti sebelum hamil setelah tiga bulan.

Untuk memulihkan keadaan fisik dan psikis hingga keadaan normal, maka harus diimbangi dengan makan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.