Find Us On Social Media :

Hari AIDS Sedunia 1 Desember: Aktor Ini Jadi Orang Pertama di Indonesia yang Berani Terbuka Dirinya Kena HIV/AIDS, Meninggal Setelah 3 Tahun Berjuang Lawan Virus Mematikan

Didi Mirhad adalah selebriti Indonesia pertama yang berani terbuka bahwa dirinya pengidap HIV/AIDS

GridHEALTH.id - Berdasarkan data UNAIDS, pada akhir 2018, sebanyak 37,9 juta orang di dunia hidup dengan HIV dan 770.000 orang meninggal karena AIDS.

Baca Juga: Tragis, Pulang Dari Rumah Sakit, Bayi Ini Malah Tertular HIV/AIDS

Masih banyak orang yang tidak dapat mengakses layanan pencegahan HIB karena adanya diskriminasi, kekerasan, cemoohan dan kekerasan.

Selama ini informasi seputar HIV/AIDS dinilai banyak kalangan tidak adil karena selalu menyudutkan Odha dan menghubung-hubungkan mereka dengan sikap moral.

Berita tentang HIV tenggelam dalam pemberitaan yang dikemas dengan moral sehingga faktanya hilang.

Penularan HIV tidak diuraikan dengan objektif, tapi dihubungkan dengan perilaku dan norma. Akibatnya, ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) pun mendapat stigma (cap negatif) dan masyarakat menjauhi mereka. Stigma ini masih berlaku sampai sekarang.

Jadi bisa dibayangkan ketika 20 tahun lalu, Didi Mirhad dengan berani memberitahukan pada khalayak bahwa dirinya sakit karena terserang HIV/AIDS.

Baca Juga: Terapi Garang Arang, Buang Kolesterol Jahat Lewat Telapak Kaki yang Diasapi Hawa Panas

Didi Mirhard adalah, mantan anggota tim bayangan sofball Indonesia yang juga menjadi model, bintang sinetron, iklan dan tarik suara.