Find Us On Social Media :

Tidak Melulu Kurang Serat, Deretan Penyakit Ini Juga Bisa Sebabkan Sembelit

Sembelit bukan hanya akibat kekurangan serat, tetapi juga bisa disebabkan penyakit.

GridHEALTH.id - Buang air besar merupakan tahap terakhir proses pencernaan. Dalam sistem pencernaan manusia, makanan yang dikonsumsi menuju lambung, usus kecil, kemudian usus besar.

Baca Juga: Sering Sembelit? Konsumsi 7 Makanan Pelancar Buang Air Besar Ini

Setelah air dan nutrisi yang diperlukan tubuh diserap dalam usus, sisa makanan tersebut lalu dikeluarkan melalui anus sebagai tinja.

Sementara itu, konstipasi atau sembelit adalah frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Jarak waktu buang air besar pada setiap orang berbeda-beda. Namun umumnya dalam satu minggu, manusia buang air besar setidaknya lebih dari 3 kali.

Jika frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, maka seseorang disebut mengalami konstipasi. Akibatnya, tinja menjadi kering dan keras sehingga lebih sulit dikeluarkan dari anus.

Setiap orang sesekali bisa mengalami konstipasi, namun biasanya bukan merupakan kondisi serius dan berlangsung hanya sebentar.

Konstipasi dapat menjadi kronis jika kondisi ini berulang hingga beberapa kali dalam waktu 3 bulan. Gangguan sembelit kronis ini dapat mengganggu kegiatan penderita setiap hari.

Baca Juga: Suaminya 'Tersangkut' Kasus Dirut Utama Garuda, Iis Dahlia Beberkan Kronologis Lewat Instagram, Apa Kata Pengamat Penerbangan?

Meskipun sembelit disebabkan kurang mengkonsumsi serat, namun ada kalanya sembelit juga bisa terjadi karena beberapa kondisi medis atau gangguan kesehatan yang menyerang tubuh.