Find Us On Social Media :

Buah Memang Kaya Serat, Tapi Ada Lo, yang Justru Bikin Sembelit!

Semua buah mengandung serat yang berguna bagi tubuh, tapi bisa saja menyebabkan sembelit. Contohnya apel.

GridHEALTH.id - Serat dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan tetap berfungsi dengan baik, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah konstipasi.

Baca Juga: Tidak Melulu Kurang Serat, Deretan Penyakit Ini Juga Bisa Sebabkan Sembelit

Orang yang mengonsumsi makanan cukup serat memiliki risiko lebih rendah untuk terkena stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker usus, dan kanker pankreas.

Serat paling banyak terdapat pada buah-buahan, oleh sebab itu kita disarankan makan buah karena kandungan serat pada buah sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Sayangnya, ada beberapa buah yang jika dimakan terlalu banyak, malah bisa bikin sembelit. Dikutip dari Go-Dok.com, berikut 5 jenis buah yang bisa menyebabkan sembelit:

Baca Juga: Suaminya 'Tersangkut' Kasus Dirut Utama Garuda, Iis Dahlia Beberkan Kronologis Lewat Instagram, Apa Kata Pengamat Penerbangan?

1. Pisang

Pisang sebetulnya baik untuk kesehatan pencernaan. Rutin makan pisang bahkan dihubungkan dengan frekuensi buang air besar yang teratur.

Namun jika kita memakan pisang yang mentah atau belum benar-benar matang, maka sembelit akan datang. Hal ini dikarenakan pisang yang belum matang lebih sulit dicerna oleh lambung dan usus.