Find Us On Social Media :

Jangan Suka Cabuti Bulu Hidung, Bisa Begini Akibatnya Di Luar Dugaan

Sering mencabut bulu hidung dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

 

GridHealth.ID – Tanpa sadar, terutama di saat bengong, mencabut bulu hidung sering kita lakukan. Padahal fungso bulu hidung bukan main-main, yaitu salah satunya untuk daya tahan tubuh.

Baca Juga: Karena Berbulu Gadis Ini di 2010 Dinobatkan Guinness World Records Sebagai Remaja Palig Seksi di Dunia

Makanya, jika memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena hal tersebut bisa menyebabkan bermacam masalah bagi kesehatan, bahkan bisa sampai berakibat fatal seperti di bawah ini seperti dikutip dari Medical News Today;

 

1. Menimbulkan jerawat di hidung

Virus dan bakteri yang masuk ke hidung pun dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat dalam hidung. Meskipun bulu hidung mengandung zat membran mukosa, yang bekerja untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

Tetapi jika terjadi jerawat dan infeksi, dampak buruknya bisa menyebabkan sakit kepala, kesulitan tidur hingga radang otak.

Baca Juga: Jadi Penjual Daging Pasca Cerai Dari Ahok, Veronica Tan Unjuk Kebolehan Jadi Chef, Hobi Masak Bikin Sehat Jiwa Raga

2. Menyebabkan infeksi pada rongga hidung

Infeksi tersebut diakibatkan oleh bekas pencabutan bulu hidung yang menyisakkan luka. Sebisa mungkin bulu hidung itu jangan dicabut.

Sebabnya jika tangan kita kotor akan akan memicu tumbuhnya bakteri dan virus yang akan masuk ke dalam folikel bulu hidung. Fatalnya, hidung bisa terkena infeksi.