Find Us On Social Media :

Studi: Perawatan Gigi Dengan Dental Floss Bisa Turunkan Kesuburan

Membersihkan dengan benang gigi berpotensi menurunkan kesuburan.

GridHEALTH.id - Banyak dari kita yang menggunakan dental floss atau benang gigi setelah menyikat gigi dengan harapan, membersihkan lebih bersih.

Baca Juga: Berita Kesehatan Terapi Jeruk Nipis; Meski Sehat Risikonya Gigi Jadi Rusak

Terutama setelah memakan makanan yang berisiko menyempil di gigi seperti daging dan kacang-kacangan.

Benang gigi memang difungsikan sebagai alat bantu membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi ketika sikat gigi tak bisa menjangkaunya.

Namun penggunaan benang gigi kemungkinan besar sebenarnya tidak diperlukan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Exposure Science and Environmental Epidemiology, menemukan bahwa penggunaan benang gigi dapat meningkatkan risiko meningkatkan jumlah bahan kimia beracun di dalam tubuh.

Penelitian yang dilakukan terhadap 178 perempuan ini menemukan adanya bahan kimia polyfluoroalkyl (PFAS) dari benang gigi yang bersifat racun dan berhubungan dengan implikasi kesehatan seperti penurunan kesuburan, kolestrol, penyakit tiroid hingga kanker testis.

Pernyataan dari US Departments of Health and Human Services and Agriculture juga mengungkapkan bahwa sebenarnya kita tak benar-benar butuh benang gigi, seperti dikutip dari The Daily Telegraph (15/12).

Baca Juga: Politikus Adian Napitupulu Sudah Pasang Ring, Mengapa Masih Terkena Serangan Jantung? Ini Penyebabnya

Meskipun sebenarnya benang gigi selama ini dipercaya dapat membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang tak bisa jangkau sikat gigi.