Find Us On Social Media :

Banjir Januari 2020, Jumlah Korban Jiwa Capai 43 Orang, Salah Satunya Karena Hipotermia

Panduan pertolongan pertama untuk orang yang menderita hipotermia.

GridHEALTH.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban jiwa akibat banjir di Jabodetabek dan Lebak, Banten, mencapai 43 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menyatakan, jumlah tersebut merupakan data terbaru per Jumat (3/1/2019) pagi pukul 09.00 WIB, dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Januari 2020 Dibuka dengan Banjir, Medina Zein mendapat Berkah dan Pengusaha Muda ini pun Tersenyum

Adapun kematian 43 korban itu disebabkan terseret arus banjir (17 orang) tertimbun tanah longsor (12), tersengat listrik (5), dan hipotermia (3).

Kemudian lima korban masih didata penyebab kematiannya sedangkan seorang korban lainnya hilang.

Baca Juga: Banjir Januari 2020, Tak Mau Kalah dari Manusia Ini Fakta Tikus dan Kecoa Tidak Sudi Kebanjiran, Padahal Hewan Itu Biang Kerok Penyakit Mematikan Saat Banjir

Salah satu penyebab meninggalnya korban banjir tersebut ialah hipotermia. Hipotermia adalah suatu kondisi di mana letak tubuh untuk mengatur suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin.

Jika melihat seseorang yang mengalami hipotermia, segeralah cari bantuan medis. Sampai bantuan medis tersedia, ikuti panduan pertolongan pertama dari Mayo Clinic ini untuk penderita hipotermia.