Find Us On Social Media :

Agar Efektivitas Lebih Maksimal Peneliti Kembangkan Pil KB yang Cukup Diminum Satu Bulan Sekali

Sedang dikembangkan, Pil KB yang cukup diminum sebulan sekali agar efektivitasnya lebih maksimal.

GridHEALTH.id -   Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi paling efektif untuk mencegah kehamilan. Jika dikonsumsi secara teratur tanpa pernah terlewat sekalipun, efektivitasnya bisa mencapai 99%.

Baca Juga: Siapa Sangka, Bukan Hanya Menunda Kehamilan, Pil KB Juga Bikin Cantik

Pemakaian yang tidak teratur atau terlambat dapat mengurangi efektivitas obat tersebut. Selama wanita meminum 1 pil setiap harinya, dia akan terlindung dari kehamilan.

Justru karena harus diminum setiap hari ini, tidak sedikit wanita yang lupa mengonsumsinya secara rutin, yang berarti menambah peluang untuk hamil.

Untuk mengatasi hal ini, sekelompok peneliti sedang mengembangkan pil KB yang hanya perlu dikonsumsi sebulan sekali.

Pil KB ini ditanamkan ke dalam perangkat organik, berbentuk seperti bintang laut, dan dikemas ke dalam kapsul yang dapat ditelan.

Setelah kapsul mencapai perut, ia akan larut dan melepaskan 'bintang laut' ke dalam lambung. Di sini, 'bintang laut' tersebut akan melepaskan setiap 'lengan'-nya yang berjumlah enam untuk menyebarkan hormon ke tubuh.

Baca Juga: Dituding Teguk Minuman Misterius Mengandung Narkoba di Belanda, Ibunda Medina Zein Akui Keceplosan: 'Saya Kurang Informasi'

Hormon yang diisikan ke masing-masing 'lengan' adalah levonorgestrel, hormon yang juga ditemukan dalam kontrasepsi darurat Plan-B dan jenis lainnya.