Find Us On Social Media :

Berita Kesehatan Diabetes : Jaga Kadar Gula Darah dengan Mengatur Asupan Gula

Gula tersembunyi sering terdapat pada kue-kue dan biskuit. Batasi asupannya.

GridHEALTH.id- Sampai saat ini, saran untuk mengurangi konsumsi gula masih berlaku mengingat angka penderita diabetes semakin hari semakin tinggi.

Baca Juga: Hati-hati, Bila Stres Mendera Segera Cari Solusi Karena Bisa Picu Kecanduan Gula yang Berujung Diabetes

Yang menyebabkan tingginya jumlah penderita diabetes adalah pola makan tinggi lemak dan tinggi gula serta kurang aktivitas fisik.

Bila tidak ditangani, diabetes dapat memunculkan risiko komplikasi pada mata, ginjal, jantung, aneka gangguan kesehatan lainnya.

Untuk konsumsi gula perhari, menurut American Heart Association, batasan maksimal dalam sehari yang diperbolehkan pada pria adalahdelapan sendok teh (sekitar 36 gram) serta enam sendok teh pada wanita (sekitar 25 gram).

WHO sendiri memiliki batas lebih tinggi yaitu sekitar 12 sendok teh bagi orang dewasa. Jika menakar gula pada saat menyeduh teh atau kopi mudah saja.

Misalnya menuangkan satu sendok teh gula pada minuman di pagi dan sore hari, berarti kita masih mempunyai sisa enam sendok teh gula selama seharian (panduan AHA).

Baca Juga: Giring Niji Blak-blakan Sempat Drop dan Sering Bengong Akibat Tak Lolos ke Senayan

Tapi bagaimana dengan gula yang tidak kelihatan? Misalnya pada nasi, kue, roti, minuman manis, dan sebagainya? Bisa-bisa yang kita konsumsi, bila dijumlahkan, sudah melewati batas konsumsi yang dibolehkan.