Find Us On Social Media :

Berita Kesehatan Diabetes: Suplemen Minyak Ikan Dapat Mengobati Diabetes Hanya Mitos

Suplemen minyak ikan yang dapat mengklaim sembuhkan diabetes ternyata hanya mitos.

 

GridHEALTH.id - Asam lemak Omega 3 sangat penting untuk fungsi tubuh. Beberapa manfaat di antaranya adalah untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, menurunkan tekanan darah dan menghentikan pembekuan.

Baca Juga: Studi: 80% Anak Indonesia Kekurangan Omega 3, Ini Dampaknya Bagi Tumbuh Kembang

Ada juga asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), yang disebut Omega 3 rantai panjang.

Jenis Omega 3 ini bisa ditemukan dalam minyak ikan salmon dan ikan, termasuk minyak ikan cod. Lalu benarkan suplemen ini menjauhkan penyakit diabetes tipe 2?

 

Dikutip dari dailymail.co.uk, suplemen minyak ikan tidak melakukan apa-apa untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, dan menurut penelitian, itu adalah mitos.

Meskipun banyak penelitian di masa lalu menyarankan, jika asam lemak Omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit mematikan ini.

Tetapi tinjauan ilmiah lebih dari 80 percobaan, yang ditugaskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, menemukan asam lemak tidak memberikan manfaat seperti itu.

Baca Juga: Mulai Juli 2020 Kantong Plastik Dilarang di Jakarta, Ini Dampak Sampah Plastik Bagi Kesehatan

 

Para peneliti di University of East Anglia menyimpulkan, orang yang mengonsumsi Omega 3, tidak kemungkinan rendah didiagnosis dengan penyakit diabetes tipe 2.