Find Us On Social Media :

Pneumonia Misterius Muncul di Tiongkok, Menteri Terawan Minta Wisatawan Indonesia Waspada

Menteri Terawan ingatkan wisatawan indonesia tentang munculnya pneumonia misterius yang muncul di Wuhan, Tiongkok.

GridHEALTH.id - Sedang tersiar kabar pemberitaan tentang pneumonia misterius di Tiongkok, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memberikan imbauan, khususnya Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru saja bepergian dari sana atau sedang bepergian di sana.

Baca Juga: Risiko Pneumonia Muncul Bila Musim Hujan Jemur Pakaian di Dalam Rumah

Terawan mengimbau agar WNI menyadari secara dini dan waspada terhadap gejala penyakit tersebut.

Selain itu, Terawan juga meminta agar WNI menghindari berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup agar terhindar dari risiko pneumonia.

Lalu, jika dalam perjalanan pulang ke Indonesia merasa berinteraksi dengan orang lain yang punya gejala demam, batuk, dan susah bernapas dan jatuh sakit dengan gejala yang sama, perlu waspada.

Lebih baik segera berobat menuju fasilitas kesehatan terdekat. Jika WNI sudah berada di Indonesia, lalu menunjukkan gejala demam, batuk, dan sulit bernapas, segera berobat juga.

“Jika ada tanda-tanda kemungkinan pneumonia seperti itu, langsung pergi ke puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan kebersihan diri, termasuk cuci tangan.

Baca Juga: Berita Kesehatan Diabetes: Suplemen Minyak Ikan Dapat Mengobati Diabetes Hanya Mitos

Saya minta upaya ini terus digalakkan di lingkungan masyarakat,” ujar Terawan dikutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Minggu (12/1/2020).