Find Us On Social Media :

Wanita Ternyata Lebih Rentan Mengalami Stroke, Ini Sebabnya

Gejala stroke bisa didiagnosis dengan cepat dan harus segera dibawa ke dokter.

 

GridHEALTH.id - Belum banyak wanita yang tahu bahwa stroke menduduki peringkat ketiga sebagai penyakit yang mematikan pada wanita?

Baca Juga: Tiba-tiba Sulit Menelan Makanan Jadi Tanda  Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai

Fakta ini memang sangat mengejutkan. Tetapi penelitian membuktikan, dari 100 kasus penyakit stroke, 60 di antaranya terjadi pada wanita.

Risiko seseorang terkena stroke bisa meningkat seiring bertambahnya usia. Karena rata-rata usia wanita lebih panjang daripada pria, risikonya terkena stroke pun bisa lebih tinggi pada wanita.

Wanita juga lebih rentan terkena penyakit-penyakit autoimun. Sejumlah gangguan inflamasi juga bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah atau pembekuan darah yang meningkatkan risiko terkena stroke.

Beberapa tipe migrain juga bisa meningkatkan risiko stroke, malangnya wanita juga lebih rentan terkena migrain.

Dilansir dari Everyday Health, pecahnya pembuluh darah di otak bisa jadi penyebab stroke. Selain itu, ketika sirkulasi darah ke otak terganggu, stroke pun bisa terjadi. Kalau sel-sel otak tak mendapat cukup oksigen, sel-sel tersebut bisa mati.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Agar Berat Badan Cepat Turun

Sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko wanita terkena stroke, antara lain menopause, obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi, kurang berolahraga, kualitas tidur buruk, penggunaan alat kontrasepsi yang berlebihan, dan kebiasaan merokok.