Find Us On Social Media :

Belum Ada Vaksin Untuk Pneumonia Asal Wuhan, Masyarakat Diminta Waspada

Masyarakat diminta waspada karena virus wuhan belum ada pencegahnya.

GridHEALTH.id - Masyarakat Indonesia yang ingin bepergian ke Tiongkok diminta waspada mengingat kasus akibat virus di Wuhan diberitakan semakin menyebar dan sudah menelan korban. 

Baca Juga: Pneumonia Misterius Muncul di Tiongkok, Menteri Terawan Minta Wisatawan Indonesia Waspada

Pemerintah China sudah mengonfirmasi, korban keempat, seorang manula pria dilaporkan tewas.

Bukan hanya yang hendak bepergian ke China, munculnya kasus pneumonia akibat virus di Wuhan juga berdampak pada masyarakat Indonesia.

Sebabnya, timbul kekhawatiran virus tersebut dapat menyebar sampai ke sini dan apakah ada vaksin khusus untuk mencegah penyakit ini.

Mengenai hal ini, dokter spesialis paru Erlina Burhan mengungkapkan, memang ada vaksin pneumonia di Indonesia. Namun, jenisnya hanya untuk pneumokokus dan hib atau Haemophilus influenza type B.

"Sekarang apakah vaksin itu bisa untuk mencegah pneumonia Wuhan? Tentu saja tidak," kata Erlina dalam konferensi pers di kantor Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Jakarta Timur (13/01/20)

Baca Juga: Akupunktur Untuk Kesuburan, Peluang Kehamilan Jadi Lebih Besar

"Vaksin itu kan membuat seseorang punya imunitas terhadap kuman atau virus tertentu. Sekarang kalau suatu produk hanya dikhususkan untuk pneumokokus contohnya, maka dia hanya memberikan kekebalan terhadap pneumokokus. Kalau buat yang lain ya tidak," kata Erlina yang merupakan Pokja Infeksi Pengurus Pusat PDPI.