Find Us On Social Media :

Kesemutan dan Kebas Pada Pasien Diabetes Dapat Dicegah Dengan Vitamin B

Tambahkan kebutuhan vitamin B kompleks untuk meredakan kesemutan dan kebas pada penderita diabetes.

GridHEALTH.id – Hal yang paling ditakuti pada para penderita diabetes adalah komplikasi yang ditimbulkan akibat kadar gula darah yang tinggi pada penyakit ini.

Baca Juga: Berita Kesehatan Diabetes: Rahasia Panjang Umur Penderita Diabetes

Komplikasi pada penderita diabetes bisa berupa gangguan jantung, stroke, gagal ginjal, gangguan mata, gangguan saraf (neuropati) dan beberapa gangguan lain.

Data International Diabetes Federation (IDF) Tahun 2017 menunjukkan bahwa 50 % penderita diabetes berisiko terkena gejala neuropati (neuropati diabetes).

Tentu hal ini tentu perlu mendapatkan perhatian lebih karena neuropati merupakan concealed disease, yang bila tidak diobati akan berkembang dan dapat memiliki dampak signifikan pada kualitas hidup.

Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, Ketua Pesatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Depok, menjelaskan, pada penderita diabetes, kadar gula dalam tubuh yang tinggi dalam kurun waktu yang lama akan melemahkan dinding pembuluh darah yang memberikan nutrisi ke sel saraf, sehingga dapat merusak sel saraf.

Baca Juga: Anak SD Dihukum Push Up Ratusan Kali, Ini Bahayanya Bagi Pertumbuhan Tulang

Hal itu yang menyebabkan penderita diabetes memiliki risiko tinggi terkena kerusakan saraf tepi atau neuropati perifer.