Find Us On Social Media :

2 Alasan Mengapa China Selalu Dituding Menjadi Sumber Penyakit Infeksi Penyebab Wabah Global

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 24 Januari 2020 | 11:26 WIB

Pasar makanan laut dan makanan segar di Wuhan, Hubei, China yang menjadi sumber virus corona.

GridHEALTH.id – Dunia kesehatan sekarang sedang dihebohkan dengan virus Corona yang membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) turun tangan.

Baca Juga: Pneumonia Misterius Muncul di Tiongkok, Menteri Terawan Minta Wisatawan Indonesia Waspada

Dunia menyebut virus Corona yang sedang membuat heboh ini adalah virus Wuhan. Dinamai virus Wuhuan, karena virus ini penyebarannya dimulai dari Wuhan di China.

Komisi Kesehatan Wuhan awalnya menyebutkan ke publik pada 31 Desember 2019 ada 27 kasus pneumonia di kota tersebut, pasien pertama sakit pada 12 Desember 2019.

Gejala yang dialami adalah demam dan kesulitan bernapas. Tidak ada seminggu, jumlah kasus serupa di Wuhan meningkat hingga angka 59, termasuk 7 kasus serius akut.

Dikhawatirkan korban akan terus meningkat, bahkan sampai melebihi batas negara. Virus corona baru dari China ini menjadi ancaman bagi kesehatan global di awal tahun 2020. 

Berkaca pada rujukan sejarah, China sudah sering menjadi titik permulaan (ground zero) penyakit infeksi yang akhirnya menjadi ancaman kesehatan global.

Baca Juga: Virus Corona Alias Wuhan Disebabkan Kegemaran Masyarakat Mengonsumsi Hewan Liar Seperti Kelelawar, Bagaimana dengan Extreme Market di Tomohon Sulut?

Pada tahun 2002, Severe acute respiratory syndrome (SARS) menginfeksi lebih dari 8.000 orang dengan 774 di antaranya meninggal dunia.