Find Us On Social Media :

Berantas Stunting: Padahal Menyandang Predikat 'Milenial', Ternyata Generasi Ini Tak Paham Stunting, Alamat Problem Kurang Gizi Terus Berlanjut?

Menyandang predikat milenial, rupanya kelompok ini kurang sadar pada kesehatan dan tak paham problem stunting di Indonesia.

GridHEALTH.id - Generasi milenial atau mereka yang lahir antara tahun 1981-1996 (pada dasarnya mereka yang berusia 20-an dan 30-an) menurut laporan yang baru-baru ini dikeluarkan, milenial bukanlah orang yang paling sadar kesehatan.

Baca Juga: Berantas Stunting: Pendidikan Tentang Gizi Harus Dimulai Sejak Dini

Mempertimbangkan bagaimana kondisinya, para ahli mengatakan bahwa kesehatan milenial akan mengalami penurunan yang signifikan dalam sepuluh tahun ke depan. 

Penurunan kesehatan milenial juga memicu bayi yang lahir dari pola konsumsi maupun gaya hidup yang 'salah'.

Ditengarai, dengan adanya ketidakpedulian milenial pada kesehatan, problem anak stunting yang lahir dari mereka akan terus berlanjut.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya, mengalami hambatan perkembangan kognitif dan motorik.

Anak stunting dipastikan serta akan mengalami gangguan metabolik (berisiko terkena penyakit tidak menular seperti diabetes, obesitas, stroke, penyakit jantung) pada saat dewasa.

Baca Juga: Orang Indonesia Tak Bisa Jauh Dari Gorengan, Ini Porsi yang Dibolehkan

“Kondisi stunting tersebut perlu disadari oleh kalangan millenial terutama terkait dengan upaya yang bisa dilakukan sejak remaja, persiapan pranikah sampai dengan menikah dan optimalisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan.