Find Us On Social Media :

Berantas Stunting: Penting Lakukan Pengukuran Tumbuh Kembang Anak di Pelayanan Kesehatan Guna Mencegah Stunting

Orangtua wajib lakukan pengukuran tumbuh kembang anak guna cegah stunting

GridHEALTH.id - Isu stunting kini gencar dikulik berbagai elemen masyarakat, terlebih pemerintah yang muali menyikapi masalah pertumbuhan anak ini.

Stunting merupakan kondisi terhambatnya tumbuh kembang anak yang bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun emosi.

Baca Juga: Berantas Stunting; Menyusui Cegah Bayi Kurang Gizi Juga Punya Manfaat Jangka Panjang Bagi Ibu

Tak hanya itu, menurut WHO, stunting atau pertumbuhan yang terhambat mencerminkan proses kegagalan untuk mencapai potensi pertumbuhan linier sebagai akibat dari kondisi kesehatan atau gizi yang kurang optimal.

Berdasarkan populasi, tingkat stunting yang tinggi dikaitkan dengan kondisi sosial ekonomi yang buruk dan peningkatan risiko sering dan awal terpapar dengan kondisi buruk seperti penyakit atau praktik pemberian makan yang tidak tepat.

Sementara, penurunan tingkat stunting nasional biasanya menunjukkan perbaikan dalam kondisi sosial ekonomi secara keseluruhan suatu negara.

Baca Juga: Ingin Anak Cerdas Sebelum Usia 5 Tahun? Coba Tips Jitu dari Dr Reisa Brotoasmoro

Oleh sebab itu, sebagai orangtua yang cerdas, kita wajib melakukan pengecekan pengukuran tumbuh kembang anak guna mencegah adanya stunting.