Find Us On Social Media :

Cegah Resistensi Insulin Cukup Dengan Makan Satu Butir Telur Setiap Minggu

Studi: Satu butir telur saja setiap minggu dapat mencegah resistensi insulin.

GridHEALTH.id – Kabar gembira bagi penderita diabetes dan penggemar telur karena bertambah lagi satu manfaat telur bagi kesehatan.

Baca Juga: Kuning Telur Ternyata Tak Bikin Kolesterol Naik yang Berisiko Stroke, Ini Faktanya

Ternyata, makan minimal satu butir telur seminggu dapat terhindar dari risiko resistensi insulin. Temuan itu berdasarkan penelitian berjudul "Pengembangan Skor Risiko Resistensi Insulin Menggunakan Indikator Diet dan Non Diet: Sebuah Pendekatan Prevensi Diabetes Mellitus Tipe 2."

"Dari penelitian saya, rata-rata orang Indonesia mengonsumsi telur paling tidak (minimal) satu butir dalam seminggu. Ada juga partisipan yang mengonsumsi telur paling banyak, sampai lima butir telur seminggu," jelas staf pengajar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Febrianti yang baru saja dipromosikan sebagai doktor bidang Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti dikutip dari Kompas Health.

"Ternyata mau konsumsi sebutir, bahkan lima butir telur seminggu punya efek baik untuk menghindari resistensi insulin.

Dari  penelitian saya, dari 231 partisipan yang berusia 29-66 tahun, yang makan sebutir sampai lima butir telur seminggu terbukti efektif mencegah risiko resistensi insulin," sambung Febrianti.

Baca Juga: RIP, Dokter 'Whistleblower' Kasus Virus Corona Pertama Kali Akhirnya Ikut Jadi Korban

Untuk diketahui, resistensi insulin terjadi saat kondisi tubuh memproduksi insulin tetapi penggunaannya tidak efektif. Dalam kondisi resistensi insulin membuat lemak, otot, dan sel-sel hati tidak dapat merespons dengan baik insulin.