Find Us On Social Media :

Waduh, Tahun 2030 Indonesia Diramalkan Bakal Muncul Tsunami Katarak

Katarak merupakan kondisi gangguan pada mata yang menyebabkan buram di lensa. Indonesia diramalkan banyak penderita kataraknya di tahun 2030 bila tak ada pencegahan sejak dini.

GridHEALTH.id - Belum banyak yang tahu bahwa sekitar 1,3 juta jiwa di Indonesia menderita kebutaan yang disebabkan oleh katarak.

Baca Juga: Bayi Juga Bisa Mengalami Katarak, Perhatikan Ini Tanda-tandanya

Tak heran, katarak disebutkan sebagai sumber kebutaan paling utama bahkan hingga memicu tsunami (gelombang deras) penderita katarak baru di negeri ini.

Dikatakan oleh Ketua PP. PERDAMI, dr. M. Siddik, Sp.M, 90% gangguan penglihatan terdapat di wilayah penduduk berpenghasilan rendah. Sementara itu, 82% kebutaan terjadi pada usia 50 tahun atau lebih.

Untuk diketahui, katarak merupakan kondisi gangguan pada mata yang menyebabkan buram di lensa yang biasanya bening. Kebanyakan katarak terjadi secara perlahan tanpa disadari.

Survei yang dilakukan di Indonesia pada tahun 2014 hingga 2016 menemukan, sebanyak 8 juta orang memiliki gangguan penglihatan di antaranya 1,6 juta alami kebutaan dan 6,4 juta gangguan mata berat.

Ditemukan pula sebesar 3% angka kebutaan tersebut menyerang mereka yang sudah berusia 50 tahun atau lebih.

Baca Juga: Kolestasis, Ketika Gatal Selama Kehamilan Menjadi Berbahaya Bagi Janin

"Tsunami katarak ini terjadi dengan bertambah usia harapan hidup diperkirakan pada 2030, usia 50 tahun akan memiliki proprorsi 25% dari penduduk.