Find Us On Social Media :

Studi: Orang Indonesia Lambat Alami Penuaan Dibanding Eropa & Amerika

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 17 Februari 2020 | 18:04 WIB

Menurut penelitian, kulit orang Indonesia lebih lambat mengalami penuaan dibanding mereka yang tinggal di Eropa dan Amerika,

GridHEALTH.id - Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings Journal dari national Academy of Sciences and Biological Psychiatry, mengungkapkan bahwa menopause dan insomnia dapat meningkatkan risiko penuaan dan kematian bagi wanita.

Baca Juga: Penuaan Dini Pada Wanita, Ternyata Penyebabnya Dua Hal 'Sepele' Ini

"Para wanita yang kami teliti, mereka melaporkan gejala seperti susah tidur, bangun berulang kali di malam hari, dan selalu bangun terlalu pagi. Mereka cenderung akan menjadi lebih tua dari usianya," ujar Judith Carroll, asisten profesor University of California, seperti yang dikutip dari Boldsky (20/06/19).

Untuk studi pertama terkait menopause, para peneliti melakukan pemeriksa metilas biomarker kimia yang terkait dengan penuaan untuk menganalisis sampel DNA lebih dari 3100 wanita dari seluruh penjuru dunia.

Termasuk Women's Health Initative (WHI) program penelitian 15 tahun yang membahas penyebab paling umum dari kematian, kecacatan, dan kualitas hidup buruk pada wanita pascamenopause.

Mereka mengukur usia biologis dari sel-sel darah, air liur, dan di dalam pipi untuk mengeksplorasi hubungan atara usia kronologis setiap wanita dan usia biologis tubuhnya.

 

Para peneliti menemukan bahwa menopause mempercepat penuaan sel dengan rata-rata 6%.

Baca Juga: 5 Minyak Alami Ini Ampuh dan Sehat Untuk Merawat Kulit Sensitif

Dalam studi kedua penelitian melakukan riset pada tidur. Mereka menarik data lebih dari 2000 wanita di WHI menggunakan epigenetic clock dan menemukan hal tak diduga.