Find Us On Social Media :

9 Cara Memperlambat Kerutan Halus di Sekitar Mata Akibat Penuaan

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 17 Februari 2020 | 18:55 WIB

Kerutan di mata terjadi akibat kulit di sekitar mata 40% lebih tipis dibanding pada bagian lain di wajah. Dapat diperlambat datangnya dengan berbagai carai.

GridHEALTH.id - Sudah jamak, semakin umur bertambah, tanda-tanda penuaan di kulit semakin banyak bermunculan. Salah satu tanda penuaan yang umum ditemui adalah garis-garis halus dan kerutan yang ada di bawah mata.

Baca Juga: Masker Putih Telur Untuk Wajah Glowing dan Bebas Kerutan, Tapi Bisa Timbulkan Alergi!

 

Jika ingin menghilangkan kerutan secara cepat, ada beberapa prosedur kosmetik yang bisa dilakukan seperti perawatan laser, filler dan botox. Karena hasilnya yang instan, tentu prosedur ini akan memakan biaya yang cukup besar.

Biasanya kerutan yang disebut crow's feet ini berupa garis memanjang yang tampak dari ujung mata kita dan bisa lebih dari satu garis yang tampak.

Ini terjadi akibat kulit di sekitar mata 40%  lebih tipis dibanding pada bagian lain di wajah. Oleh karenanya bagian ini rentan mengalami perubahan seiring usia kita bertambah.

Memang tidak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia, kulit bakal kehilangan kelenturan dan kekencangan. Sejumlah faktor asing atau gaya hidup juga bisa menyebabkan penuaan terutama di wajah ini lebih cepat terjadi.

Munculnya kerutan di mata ini merupakan perpaduan dari hilangnya elastisitas kulit, kolagen, serta pergerakan wajah yang terjadi. Ketika kita tersenyum atau berekspresi, maka hal ini bisa mempercepat munculnya kerutan di ujung mata ini.

Baca Juga: Studi: Orang Indonesia Lambat Alami Penuaan Dibanding Eropa & Amerika

Namun tentunya kita bukan dilarang tersenyum dan berekspresi. Jangan khawatir, ada sejumlah cara untuk mencegah munculnya kerutan di ujung mata datang lebih cepat.