Find Us On Social Media :

3 Minuman Sehat Usir Lemak di Perut yang Disebut Lemak Visceral

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 25 Februari 2020 | 14:36 WIB

Jus sayuran sebagai minuman sehat usir lemak di perut.

GridHEALTH.idLemak yang menumpuk di perut, disebut lemak visceral, bisa berbahaya bagi kesehatan. Jenis lemak yang menumpuk di sekitar organ internal ini berpotensi mengganggu fungsi organ serta dapat meningkatkan tingkat stres seseorang.

Baca Juga: 6 Alasan Perut Buncit Berlemak Susah Hilang Meski Sudah Diet Ketat

Kelebihan lemak ini dapat memicu sejumlah penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi.

Jumlah lemak visceral yang tinggi dalam organ tubuh juga dikaitkan dengan kanker payudara, kanker kolorektal, stroke, penyakit Alzheimer, dan demensia.

Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap seberapa banyak lemak perut yang dimiliki seseorang. Selain faktor genetika, kadar hormon, dan pola makan yang buruk, kelebihan kalori dan konsumsi alkohol bisa memicunya.

"Hilangnya massa otot akibat penuaan turut menjadi penyebab menimbunnya lemak di perut. Dibandingkan perempuan, para pria lebih berpotensi menumpuk lemak perut sehingga olahraga  sangat disarankan untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh," kata Shawn Arent, Direktur Pusat Kesehatan dan Kinerja Manusia di Universitas Rutgers di New Jersey, AS, dikutip dari laman Business Insider.

Latihan kekuatan dan aerobik adalah bentuk olahraga yang dianjurkan untuk mengurangi persentase lemak tubuh dengan efektif. 

Baca Juga: 5 Penyebab Sakit Jantung di Usia Muda, Kolesterol Sering Diabaikan

Selain membakar lemak, manfaat lain dari latihan kekuatan adalah membentuk massa otot di sekitar perut.