Find Us On Social Media :

Peneliti FTUI Kembangkan Propolis Indonesia sebagai Alternatif Pengobatan Covid-19

Propolis tersebut terbukti memiliki komponen penghambat alami yang dapat digunakan untuk menghasilkan pengobatan alternatif Covid-19.

GridHEALTH.id - Upaya pencegahan dan pengobatan virus corona terus diusahakan oleh para ilmuwan dan laboratorium di seluruh dunia.

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Bunga Sepatu, Rambut Berkilau Hingga Anti Penuaan

Lebih dari 3.000 orang di seluruh dunia tewas akibat virus corona yang sudah menjangkit lebih dari 88 ribu orang. Jumlah kasus di Tiongkok mulai menurun, tetapi meningkat di negara lain termasuk Amerika Serikat.

Para peneliti di Indonesia juga tak mau ketinggalan untuk turut berpartisipasi mengatasi wabah global ini.

Di antaranya, salah seorang peneliti dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si,Eng., mengembangkan senyawa propolis asli Indonesia yang dihasilkan oleh lebah Tetragonula biroi aff.

Senyawa propolis ini dikembangkan sebagai alternatif pengobatan dan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Propolis tersebut terbukti memiliki komponen penghambat alami yang dapat digunakan untuk menghasilkan obat dengan efek negatif minimal baik terhadap tubuh manusia maupun sumber daya alam yang tersedia.

Baca Juga: Covid-19 atau Corona, Bagaimana Sebutan yang Benar? Ini Penjelasannya

Sahlan menuturkan bahwa komposisi propolis tidak selalu sama di seluruh dunia. Pada penelitian ini, senyawa propolis berasal dari lebah Tetragonula biroi aff, perlu dipahami bahwa propolis memiliki karakteristik berbeda tergantung pada sumber tanaman dan lokasinya.