Find Us On Social Media :

Indonesia Ogah Lockdown, Bisa Ikuti Korea Selatan Berantas Covid-19?

Korea Selatan mengalami perununan drastis pasien covid-19. Ini cara mereka melakukannya.

GridHealth.id - Sampai saat ini pemerintah belum juga menetapkan lockdown, seperti negara lainnya yaitu China dan Italia.

Padahal, mantan wakil presiden, Jusuf Kalla (JK) menilai bahwa dengan menetapkan kebijakan lockdown bisa memperlambat penyebaran virus corona.

Baca Juga: Hanya di Indonesia; Virus Corona Covid-19 Diajak Ngobrol dan Dipanggil Nak oleh Manusia, Bisa Hidup hingga 5 Minggu

"Salah satunya China, dia berhasil memperlambat itu (penyebaran virus corona), mencegah 100% karena lockdown. Tapi ini hanya (bisa diterapkan) negara yang sangat disiplin untuk melaksanakan itu," ungkap JK, Kamis (11/3/20), seperti yang dikutip dari Kompas.com

Meski begitu, kita bisa berkaca kepada Negeri Gingseng yaitu Korea yang tidak mentapkan lockdown tapi mengalami penurunan jumlah pasien yang dinyatakan positif virus corona.

Baca Juga: Studi : Fungsi Paru-paru Bakal Berkurang Pasca Sembuh Covid-19

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP) melalui Kompas.com, penurunan ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengujian massal, disiplin warganegara, komunikasi publik, dan penggunaan teknologi.