Find Us On Social Media :

Diare , Gejala Lain Positif Virus Corona yang Perlu Diwaspadai

Diare, salah satu gejala awal positif virus corona yang patut diwaspadai.

GridHEALTH.id - Diare dan gejala pencernaan lainnya adalah keluhan utama pada hampir setengah dari pasien coronavirus, lapor peneliti Cina.

Sebagian besar pasien dengan virus corona memiliki gejala pernapasan, tetapi temuan-temuan ini dari tahap awal wabah menunjukkan bahwa masalah pencernaan lazim pada banyak pasien dengan Covid-19.

"Dokter harus ingat bahwa gejala-gejala pencernaan, seperti diare, mungkin merupakan fitur penyajian Covid-19, dan bahwa indeks kecurigaan mungkin perlu dinaikkan lebih awal dalam kasus-kasus ini daripada menunggu gejala pernapasan muncul," tulis para peneliti dari Kelompok Ahli Perawatan Medis Wuhan untuk Covid-19.

Para peneliti menganalisis data dari 204 pasien Covid-19, usia rata-rata hampir 55 tahun, yang dirawat di tiga rumah sakit di provinsi Hubei antara 18 Januari dan 28 Februari 2020. Waktu rata-rata dari onset gejala hingga masuk rumah sakit adalah 8,1 hari.

Namun, temuan menunjukkan bahwa pasien dengan gejala pencernaan memiliki waktu lebih lama dari onset gejala sampai masuk rumah sakit dibandingkan pasien tanpa gejala pencernaan, 9 hari dibandingkan 7,3 hari.

Ini menunjukkan bahwa pasien dengan gejala pencernaan mencari perawatan kemudian karena mereka belum curiga mereka menderita Covid-19 karena kurangnya gejala pernapasan, seperti batuk atau sesak napas, para peneliti menjelaskan.

Baca Juga: Bila Warganya Masih Keluyuran, Indonesia Diprediksi Jadi Episentrum Baru Virus Corona Dunia Setelah Wuhan

Baca Juga: Bau Mulut Parah dan Banyak Gigi Berlubang Pertanda Jelas Diabetes

Pasien dengan gejala pencernaan memiliki berbagai masalah, termasuk kehilangan nafsu makan (hampir 84%), diare (29%), muntah (0,8%) dan sakit perut (0,4%).