Find Us On Social Media :

Kaitan Kadar Gula Darah Tinggi dan Virus Corona, Mengapa Pasien Diabetes Rentan?

Penderita diabetes termasuk golongan yang rentan menghadapi pandemi virus corona.

GridHEALTH.id - Wabah Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemi kesehatan masyarakat internasional oleh WHO.

Sampai saat ini tidak ada vaksin melawan Covid-19 dan sayangnya, penderita diabetes mungkin lebih rentan terhadap efek parah dari virus.

Orang yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti diabetes, penyakit jantung dan asma) tampaknya lebih rentan untuk menjadi sakit parah dengan virus Covid-19.

Ketika orang dengan diabetes mengembangkan infeksi virus, bisa lebih sulit untuk diobati karena fluktuasi kadar glukosa darah dan, mungkin, adanya komplikasi diabetes.

CDC telah menentukan bahwa COVID-19 adalah ancaman kesehatan masyarakat yang serius, dan orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi medis kronis yang serius, termasuk diabetes, berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi dan menjadi sangat sakit karenanya.

Disarikan dari American Diabetes Association, inilah tanya jawab yang penting bagaimana seorang penderita diabetes seharusnya bersikap menghadapi pandemic Covid-19;

Baca Juga: Studi di London: Indonesia Hanya Laporkan 2% Kasus Positif Virus Corona, Benarkah?

Baca Juga: Milenial Jangan Kepedean, Meski Terlihat Sehat Tanpa Gejala, Ternyata BisaJadi Pembawa Virus Corona

Mengapa penderita diabetes rentan terhadap virus corona penyebab Covid-19?

Tampaknya ada dua alasan untuk ini. Pertama, sistem kekebalan terganggu akibat diabetes, membuat penderitanya lebih sulit untuk melawan virus dan kemungkinan mengarah ke periode pemulihan yang lebih lama. Kedua, virus dapat berkembang di lingkungan glukosa darah tinggi.