Find Us On Social Media :

Berantas Stunting: Catat! Penting Ketahui Gejala Stunting Sejak Dini, Agar Anak Tak Tumbuh Kerdil

Kenali gejala stunting sejak dini.

GridHealth.ID - Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Menurut UNICEF, stunting didefinisikan sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak dari World Health Organizatin (WHO). 

Baca Juga: Berantas Stunting: Bisa Rugikan Negara sampai Rp 400 Triliun, Para Tenaga Ahli Malah Dipecat Sepihak Lantaran Kinerja Kurang Memuaskan

Di Indonesia, stunting masih menjadi persoalan yang terus disoroti oleh pemerintah demi menekan tingginya angka stunting. 

Berdasarkan Hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI), yang diumumkan oleh Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek, pada 18 Oktober 2019, angka stunting di Indonesia tahun 2019 sebesar 27,67%.

Baca Juga: Berantas Stunting; Rentannya Anak Stunting Mengalami Penyakit Kronis

Angka tersebut menunjukkan penurunan 3,1% dalam setahun terakhir, jika dibandingkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang menunjukkan prevalensi stunting sebesar 30,8%.