Find Us On Social Media :

Akibat Gejala Semakin Beragam, Covid-19 Dijuluki Penyakit 1000 Wajah

Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona dijuluki The 1000 Faces Disease, atau penyakit 1000 muka karena gejalanya yang beragam.

GridHEALTH.id – Di seluruh dunia, jumlah yang positif terjangkit virus corona sudah mencapai 1 juta lebih, sementara jumlah yang korban tewas sudah ratusan ribu dan diperkirakan akan terus bertambah.

Virus corona ini  benar-benar baru, tak banyak yang kita ketahui tentangnya. Gejala yang dialami pengidapnya asaja bisa bervariasi. Mulai dari demam hingga batuk-batuk.

Menurut WHO gejala yang paling sering dilaporkan, termasuk demam, batuk kering, sesak napas, dan sebagian besar pasien (80%) mengalami mild symptoms/illness, alias gejala atau penyakit ringan. Meski sebagian besar kasusnya ringan, tetapi dapat berakibat fatal.

Masih data dari WHO, sekitar 14% mengalami penyakit parah, dan 5%  sakit kritis. Laporan WHO menunjukkan bahwa keparahan penyakit dikaitkan dengan usia (> 60 tahun) dan penyakit komorbid atau mengidap penyakit kronis. Contohnya, penyakit jantung, paru-paru, atau gagal ginjal.

Kondisi ini tentu memerlukan perawatan medis segera di rumah sakit, tak sekadar karantina mandiri di rumah. Singkat kata, perlu di rawat di rumah sakit, bukannya di rumah.

Perlu dicatat bahwa gejala virus corona beragam meskipun awalnya WHO mengatakan gejala penyakit ini boleh dibilang hampir serupa dengan flu, tapi ternyata semakin ke sini, banyak gejala lain yang diperlihatkan.

Baca Juga: Berpuasa Ramadan Saat Pandemi Virus Corona, Gizi Seimbang Kunci Hindari Infeksi

Baca Juga: Sering Dijadikan Tradisi Orang Zaman Dahulu, Siapa Sangka Air Rebusan Daun Sirih Bisa Obati Penyakit Jantung

 

Pakar dan penulis kesehatan dr. Handrawan Nadesul di instagramnya malah menyebut penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona dijuluki The 1000 Faces Disease, atau penyakit 1000 muka .