Find Us On Social Media :

Virus Corona Memang Bukan Main, Selain Menginfeksi Paru-paru, Ginjal dan Hati Juga Diserang

Dampak virus corona tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga organ jantung dan ginjal.

GridHEALTH.id - Virus corona menginfeksi saluran pernapasan dengan menyebabkan peradangan pada paru-paru.

Namun dokter di seluruh dunia melihat adanya bukti yang menunjukkan virus corona bisa menyebabkan peradangan pada jantung dan penyakit ginjal akut.

Selain itu virus corona juga menyebabkan kerusakan neurologis, pembekuan darah, kerusakan usus, dan masalah hati. Perkembangan itu telah mempersulit perawatan kasus virus corona dengan gejala parah. Proses pemulihan pun dinilai menjadi terhambat.

Mengutip Washington Post (11/04/20), para dokter menyebut hal ini ada kaitannya dengan efek dari 'badai sitokin', respons sistem kekebalan yang menyerang tubuh di mana menyebabkan kondisi yang parah.

Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan MSc SpP(K), menyatakan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan badai sitokin dan berujung kematian itu sangat bisa terjadi.

Apa itu badai sitokin? Pada prinsipnya, jika ada virus yang masuk ke dalam organ paru di tubuh, maka reaksi yang timbul adalah keluarnya sitokin-sitokin.

Baca Juga: Studi Pada Tikus: Rekayasa Virus Dapat Memblokir Infeksi Virus Corona

Baca Juga: 46 Tenaga Medis Rumah Sakit Kariadi Semarang Serempak Positif Virus Corona Akibat Satu Pasien Berbohong

Perlu diketahui, sitokin adalah protein yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi dan penting dalam penanda sinyal sel. Pelepasan atau keluarnya sitokin ini dapat mempengaruhi perilaku sel di sekitarnya.