Find Us On Social Media :

Pemerintah Chile Sebut, Setelah Sembuh Pasien Covid-19 Bisa Kebal 3 Bulan

Chile berencana mengeluarkan 'kartu kekebalan' bagi pasien yang sudah sembuh dan berlaku 3 bulan.

 

GridHEALTH.id - Seperti dilansir dari Reuters, Selasa (28/4/2020) Chile, sebuah negara di Amerika Selatan, sedang mempersiapkan peluncuran beberapa "sertifikat pelepasan" pertama di dunia untuk pasien yang pulih minggu ini dari penyakit akibat virus corona (Covid-19).

Para pejabat kesehatan mengatakan itu bukan "kartu kekebalan" namun sebelumnya telah menyarankan mereka akan menunjukkan beberapa tingkat resistensi terhadap penyakit.

“Kartu” itu dikeluarkan karena Pemerintah Chile mengklaim bahwa pasien yang sembuh dari virus corona (Covid-19) mempunyai sedikit kemungkinan untuk tertular lagi alias kebal. Namun para ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bukti atas klaim itu, ‘lemah dan perlu hati-hati.’

Menteri Kesehatan Chile Jaime Manalich mengatakan bahwa dia dan pejabat dinas kesehatan AS telah bertemu, dan sepakat bahwa tidak ada cara untuk menjamin kekebalan.

Namun Manalich mengutip data dari China dan Korea Selatan yang menunjukkan perlindungan jangka pendek bagi mereka yang selamat dari penyakit itu.

"Kemungkinan seseorang menjadi sakit lagi, atau orang lain menjadi sakit, menjadi sangat jauh. Berapa lama? Minimal tiga bulan," kata Manalich kepada wartawan dalam briefing harian.

Baca Juga: Dibalik Alasan Kesehatan Mengapa Sahur Tak Boleh Dilewatkan

 

Baca Juga: Kebutuhan Air Minum Saat Puasa , Sahur Wajibnya Berapa Gelas?

Manalich, dokter spesialis ginjal yang pernah menjalankan salah satu rumah sakit ternama di xChile, mengatakan sertifikat yang direncanakan Chile akan dikeluarkan lewat tes antibodi. Setidaknya ini membantu mengidentifikasi mereka yang telah memiliki riwayat penyakit tersebut.