Find Us On Social Media :

Manfaat Puasa Ramadan Bagi yang Sedang Diet,  Bakar Lemak Lebih Efektif

Puasa Ramadan membantu mereka yang sedang berdiet untuk membakar lemak lebih banyak.

GridHEALTH.id - Banyak riset yang menunjukkan puasa dapat membuat tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif dari diet biasa.

Puasa memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula, sehingga bagi yang berdiet, ini membuat berat badan lebih cepat turun.

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Uni Emirat Arab menemukan, mereka yang sedang dalam program pengaturan pola makan, dan kemudian mengikuti puasa Ramadan, penurunan berat badan rata-rata satu kilogram.

Penelitian tersebut melibatkan akademisi dari Universitas Sharjah bersama para kolega di Bahrain dan Inggris.

Para ilmuwan menganalisa 85 laporan yang dipublikasikan selama 1982-2019 terhadap 4.000 orang di 25 negara. Analisa dilakukan untuk mempelajari dampak berpuasa sebulan penuh terhadap massa tubuh, termasuk mereka yang sedang berdiet.

Salah satu penulis penelitian sekaligus Profesor Nutrisi Manusia dari Universitas Sharjah, Dr Mo'ez Al Islam Faris memberi penjelasan.

Baca Juga: Pasien Diabetes yang Puasa Rentan Imunitasnya Menurun, Ini Makanan yang Dianjurkan Agar Gula Darah Tetap Normal

Baca Juga: Punya Koleksi Puluhan Cincin, Jangan Sekali-kali Dipakai Saat Pandemi Virus Corona, Ini Alasannya

Dia mengatakan, kesimpulan penelitian tersebut adalah ada efek-efek kecil hingga menengah yang terjadi pada berat badan seseorang yang berpuasa di bulan Ramadan.