Find Us On Social Media :

Virus Corona di Sekitar Kita, Ini Kiat Aman ke Puskesmas atau Rumah Sakit di Tengah Pandemi Covid-19

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 14 Mei 2020 | 15:15 WIB

Gunakan masker, bawa hand sanitizer, dan duduk berjarak (physical distancing) jika harus berkunjung ke puskesmas atau rumah sakit.

GridHEALTH.id - Selama pandemi berlangsung, masyarakat diminta untuk mengarantina diri di rumah guna mencegah penularan virus corona.

 Namun, saat kita atau salah satu keluarga ada yang sakit,  maka mau tidak mau kita akan segera pergi ke layanan kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau rumah sakit.

Oleh karena itu, diupayakan saat hendak ke rumah sakit adanya perlindungan tubuh dari paparan virus corona.

Lalu, apa saja upaya yang dapat kita lakukan agar aman dan tidak tertular virus corona? Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Dr dr Ari Fahrial Syam mengungkapkan hal ini.

Ketika akan ke rumah sakit maupun puskesmas, alangkah baiknya tetap memakai masker dan melakukan physical distancing. Disarankan pula untuk membawa hand sanitizer selalu di dalam tas/saku untuk berjaga-jaga. 

"Ya pakai masker dan physical distancing, saat ini puskesmas di DKI Jakarta baik di kelurahan maupun di kecamatan masih banyak pasien yang datang untuk berobat," ujar Ari seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga: Suti 'Atun' Karno Dilarikan ke Rumah Sakit, Rano Karno Minta Penggemarnya Kirim Doa, Ada Apa?

Baca Juga: Fix, WHO Sebut Virus Corona Tak Akan Pernah Hilang, Sepakat Berdamai Seperti Kata Jokowi?

Menurut Ari, guna mengantisipasi penularan virus lebih masif di area layanan kesehatan, beberapa puskesmas dan rumah sakit saat ini telah menyediakan hand sanitizer, bahkan bak cuci tangan di pintu masuk.