Find Us On Social Media :

Pandemi Covid-19 Berdampak Pada Kesehatan Mental, Kini RS Darurat Wisma Atlet Sediakan Tim Kesehatan Mental Bagi Pasien dan Petugas

Petugas dengan alat pelindung diri berdiri di salah satu beranda di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

GridHEALTH.id - Wabah virus corona (Covid-19) nyatanya berdampak pada kesehatan mental masyarakat dunia.

Bahkan, bukan hanya masyarakat pada umumnya, tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 pun terancam terganggu kesehatan mentalnya. Salah satunya para petugas penanganan Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet.

Baca Juga: Pasien RSD Covid-19 Wisma Atlet Gigit Tenaga Medis yang Merawatnya, Akhirnya Perawat Terinfeksi Menjadi PDP

Terancamnya para petugas penanganan Covid-19 bisa disebabkan karena jam kerja yang panjang, sehingga membuat mereka membutuhkan stamina dan kesehatan mental yang baik.

"Jam kerja yang panjang membuat para petugas di RS Darurat Wisma Atlet membutuhkan stamina dan kesehatan mental yang baik. RS Darurat Wisma Atlet kini memiliki fasilitas kesehatan mental untuk pasien dan petugas penanganan Covid-19," ujar Kakesdam Jaya Kolonel Ckm dr. Stefanus Dony, melalui keterangan tertulis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Senin (25/5/2020).

Baca Juga: Pengalaman Pasien Covid-19 yang Diisolasi di Wisma Atlet Diungkap, Ternyata Ini Fasilitas yang Diterimanya

Oleh karenanya, saat ini RS Darurat Wisma Atlet memiliki fasilitas kesehatan mental yang dilengkapi tim kesehatan mental sebanyak 10 personel.

Personel tersebut berasal dari TNI dan sukarelawan.