Find Us On Social Media :

BUMN Susun Pemetaan Covid-19, Indonesia Berada di New Normal dan Death Zone, Apa Maksudnya?

Situasi new normal life di stasiun MRT

GridHEALTH.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyusun skenario penerapan New Normal di BUMN seluruh Indonesia.

Dalam penyusunannya, setidaknya terdapat 4 variabel yang dibentuk dalam satu matriks untuk menentukan posisi kondisi penyebaran virus Corona di Indonesia. 

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni menjelaskan, Indonesia berada di antara posisi skenario New Normal dan Death Zone. 

New Normal artinya ketika vaksin belum ditemukan, masyarakat dapat melakukan perilaku disiplin sesuai dengan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus.

Sedangkan skenario Death Zone artinya, ketika vaksin belum ditemukan, namun perilaku masyarakat tidak berubah menjadi lebih sehat sehingga virus mudah menjangkit dan menyebabkan wabah hingga kematian.

"Mungkin kita masih berada di tepi (baik New Normal maupun Death Zone), karena masyarakat sebagian sudah ada yang disiplin dan sebagian masih ada yang belum," ujar Alex dalam paparannya, Selasa (9/6), dikutip dari Liputan 6.

Baca Juga: Ilmuwan Peringatkan Ada Penyakit Baru, Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir

Baca Juga: Perang Kata di Medsos dengan Anak Kandung, Krisdayanti Sampai Ditegur MKD DPR, 'Jaga Kehormatan Lembaga'

Skenario lainnya ialah Donkey Man, yaitu kondisi ketika vaksin ditemukan tapi perilaku masyarakat masih tidak bersih, sehingga meskipun ada vaksin, virus bisa menginfeksi dan menyebar dengan luas.