Find Us On Social Media :

Tenaga Kesehatan Terus Melayani Pasien Covid-19 Tanpa Lelah, Butuh Akomodasi dan Transportasi yang Nyaman

Para dokter dan tenaga medis tertidur kelelahan di sembarang tempat di rumah sakit.

GridHEALTH.id – Selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak tenaga kesehatan yang memberi pelayanan di garda depan mengorbankan nyawanya. 

Perjuangan melawan virus COVID-19 di Indonesia memerlukan dukungan semua pihak, termasuk sektor swasta dan lembaga swadaya masyarakat.

Peran tenaga kesehatan menempati posisi kunci dalam upaya memberikan layanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat yang membutuhkan dalam masa pandemi ini.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) per tanggal 17/06/20 mencatat ada 38 dokter yang tewas, belum termasuk perawat, apoteker, supir ambulans, dan lain-lain. 

Mereka yang masih bekerja pun terkadang mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan seperti dikucilkan tetangga, atau diusir dari kontrakannya. 

Melihat betapa beratnya perjuangan para tenaga medis ini, Pfizer Foundation bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia menyediakan bantuan akomodasi dan transportasi bagi tenaga kesehatan (nakes) di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta dan Surabaya. 

Lebih dari 200 nakes dari RS Persahabatan dan RS Cipto Mangunkusumo di Jakarta serta RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang bekerja pada shift malam/terakhir akan mendapatkan dukungan akomodasi dan transportasi di sejumlah lokasi penginapan terpilih dengan durasi tinggal maksimum selama 30 hari melalui kegiatan bertajuk “Sheltering Those Who Care For Us.”