Find Us On Social Media :

Jangan Keliru, Dexamethasone Bukan Penangkal Corona Tetapi Mengobati Pasien Covid-19 dengan Kondisi Kritis

Dexamethasone

GridHEALTH.id - Belakangan ini, obat dexamethasone disebut-sebut mampu menyembuhkan sebanyak 5.000 pasien di Inggris dari Covid-19.

Bahkan, obat dexamethasone juga saat ini digunakan untuk pengobatan pasien Covid-19 di Arab Saudi.

Dikutip dari drugs.com, dexamethasone merupakan obat yang masuk ke dalam golongan kortikosteroid. Obat dexamethasone digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti gangguan alergi dan kondisi kulit.

Baca Juga: Hasil Pengujian Obat Dexamethasone di Indonesia, Obat yang Berhasil Sembuhkan 5.000 Pasien Covid-19 di Inggris

Selain itu, dexamethasone juga digunakan untuk mengobati kolitis ulserativa, radang sendi, lupus, psoriasis, dan gangguan pernapasan.

Meski dikatakan mampu menyembuhkan dan mengobati pasien Covid-19, namun penggunaan obat dexamethasone tidak bisa dilakukan sembarangan.

Baca Juga: Cukup Gelontorkan Uang Rp 100 Ribu, Seorang Pasien Covid-19 Bisa Sembuh dengan Obat Dexamethasone, Adakah Efek Sampingnya?

Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dexamethasone adalah pengobatan pertama yang terbukti mengurangi angka mortalitas pada pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen atau ventilator.