Find Us On Social Media :

Studi: Ibu Hamil Terinfeksi Virus Corona Berpotensi Alami Pneumonia

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 23 Juni 2020 | 12:05 WIB

Ibu hamil yang terinfeksi virus corona berpotensi mengalami pneumonia atau infeksi paru-paru.

 

GridHEALTH.id - Virus corona bisa menyerang siapa saja dari segala lapisan usia dan kondisi. Termasuk sudah banyak dilaporkan ibu hamil yang terserang virus yang belum ada obat dan penangkalnya ini.

Padahal, ibu hamil yang terserang virus corona punya risiko lain. Sebuah studi dari Spanyol menyebut bahwa ibu hamil berisiko lebih tinggi terkena pneumonia atau infeksi paru-paru akibat Covid-19 daripada wanita umumnya yang berusia antara 30 dan 40 tahun.

Dikutip dari Asiaone, studi yang ditunjukkan pada hari Rabu (17/06/20) ini kemudian dikembangkan oleh Departemen kebidanan dan penyakit menular di rumah sakit Madrid 12 de Octubre di Madrid. Mereka menemukan risiko pneumonia berat dari Covid-19 pada pasien hamil.

"Wanita hamil lebih tinggi dan unggul menderita pneumonia berat akibat Covid-19 daripada wanita pada usia yang sama," tulis pernyataan rumah sakit tersebut.

Menurut penelitian, wanita hamil yang menunjukkan gejala virus corona kemungkinan terkena pneumonia sebesar 61,5%.

Ini berbeda dibandingkan dengan risiko rata-rata 25% untuk wanita berusia antara 30 dan 40 tahun di Spanyol, kata penelitian yang juga diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet.

Baca Juga: WHO Peringatkan Warga Dunia, Fase Berbahaya Tahap 2 Baru Saja Dimulai, Indonesia Dinilai Jadi Hotspot Baru

Baca Juga: Duplikasi Virus Makin Mengganas, WHO Syaratkan Masker Kain Harus 3 Lapis

Para peneliti melacak 52 wanita hamil dewasa yang didiagnosis terpapar Covid-19 antara 6 Maret dan 5 April 2020.