Find Us On Social Media :

Jamur Enoki yang Sering Dimakan di Restoran Ternyata Mengandung Listeria, Menteri Pertanian Minta Dihancurkan

Jamur enoki mengandung listeria, sejenis infeksi bakteri yang tidak aman terutama untuk ibu hamil.

GridHEALTH.id - Penggemar masakan Jepang dan Korea tentu tidak asing dengan jamur enoki yang sering digunakan dalam makanan rebusan.

Rasanya meski tawar, namun lembut sekaligus kenyal. Saat dicocol ke saus teriyaki atau saus kacang, sungguh nikmat. Jamur ini juga termasuk rendah kalori sehingga aman dikonsumsi mereka yang sedang berdiet.

Jamur enoki yang ada di Indonesia kebanyakan diimpor dari negara lain menyusul semakin trennya gaya makan ala suki steamboat atau memasak sendiri di atas meja. Di dalamnya biasa disediakan toping jamur enoki yang banyak digandrungi anak muda.

Sayangnya, Kementerian Pertanian melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan mengumumkan baru saja memusnahkan jamur enoki  di dalam negeri karena terbukti berbahaya untuk dikonsumsi.

"Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," ujar Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir. Yasid Taufik  MM dalam seminar webinar, Rabu (24/06/2020). 

Listeria sendiri adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri dan membuat makanan menjadi beracun.

Baca Juga: Guru Besar FMIPA Brawijaya : Jamur Cordyceps Bisa Sembuhkan Covid-19, Efeknya Dalam Hitungan Jam

Baca Juga: Masker Sering Diturunkan ke Dagu, Asal Tahu Saja Ini Bahayanya

Meski tidak berbahaya bagi orang sehat, namun listeria bisa berdampak berat pada kesehatan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti lansia dan ibu hamil.