Find Us On Social Media :

Fakta Seputar Listeria, Penyakit Bawaan Makanan yang Mengancam Keselamatan

Bakteri yang bernama Listeria monocytogenes

GridHEALTH.id - Siapa sangka, jamur enoki yang biasanya tersaji dalam makanan rebusan sebagai campuran di menu masakan Korea, rupanya terbukti berbahaya untuk dikonsumsi.

Hal itu terjadi lantaran ditemukannya Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengkonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

Baca Juga: Jamur Enoki yang Sering Dimakan di Restoran Ternyata Mengandung Listeria, Menteri Pertanian Minta Dihancurkan

Rupanya, bakteri yang menyebabkan listeriosis atau penyakit bawaan makanan ini ada sejak dahulu kala dan sebelumnya sempat terjadi wabah besar pada tahun 1980-an.

Dibandingkan dengan penyakit bawaan makanan lainnya, kasus listeriosis jarang ditemukan namun sangat serius.

Baca Juga: Gerak Cepat Pemerintah Setelah Mengetahui Adanya Kontaminasi Listeria Monocytogenese Pada Jamur Asal Korea Selatan

Bahkan dengan perawatan antibiotik yang memadai, penyakit ini memiliki tingkat kematian yang tinggi 20 hingga 30%. Lebih dari 90% orang dengan listeriosis dirawat di rumah sakit, seringkali di unit perawatan intensif.