Find Us On Social Media :

Jamur Enoki Ditarik dari Pasaran, Padahal Ada Ancaman Makanan Lain yang Juga Rentan Tercemar Bakteri Listeria Monocytogenes

Berbagai jenis makanan yang bisa saja tercemar bakteri.

GridHEALTH.id - Di tengah merebaknya wabah virus corona, tiba-tiba saja beredar kasus tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengkonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan.

Pasalnya, jamur enoki disebut sebagai salah satu jenis tumbuhan makanan yang bisa menyebabkan listeriosis atau penyakit bawaan makanan.

Baca Juga: Fakta Seputar Listeria, Penyakit Bawaan Makanan yang Mengancam Keselamatan

Penyakit yang disebabkan bakteri Listeria monocytogenes ini bahkan bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Dilansir dari Food and Drug Administration (FDA), orang terinfeksi Listeria monocytogenes dengan cara mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan bakteri tersebut.

Baca Juga: Jamur Enoki yang Sering Dimakan di Restoran Ternyata Mengandung Listeria, Menteri Pertanian Minta Dihancurkan

Orang juga dapat terinfeksi dengan menangani makanan yang terkontaminasi, seperti makanan hewan peliharaan yang terkontaminasi, atau menyentuh permukaan dan peralatan yang terkontaminasi dan kemudian secara tidak sengaja memindahkan bakteri dari tangan mereka ke mulut mereka.