Find Us On Social Media :

Ditemukan, Sel Penyerang Kekebalan Tubuh Hadapi Virus Corona, Harapan Untuk Temukan Vaksin

Sel T, sel terakhir pertahanan tubuh yang bisa menyerang virus corona.,

GridHEALTH.id - Semakin hari, harapan untuk menemukan vaksin virus corona semakin memberikan jalan terang.

Terbukti, penelitian terbaru menyebutkan, sel T pada pasien virus corona Covid-19 dapat menjadi acuan penciptaan vaksin melawan virus ini.

Pasien yang menderita gejala pernapasan parah akibat infeksi virus corona atau COVID-19 dapat dengan cepat menghasilkan respons kekebalan dalam bentuk sel T yang menyerang virus, demikian menurut sebuah studi baru yang dapat mengarah pada strategi pengembangan vaksin terhadap Covid-19.

Dilansir Times of India, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Immunology, menilai sel T dari 10 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan intensif.

Sel T atau T-cells merupakan salah satu tipe dari darah putih yang berperan sebagai antibodi pada tubuh. 

Sel T bekerjasama dengan makrofag untuk menyerang virus atau bakteri. Tidak seperti makrofag yang menyerang benda -benda asing secara umum, sel T menyerang virus secara spesifik.

Menurut para peneliti, termasuk yang dari University of California di AS, 2 dari 10 orang sehat tanpa paparan virus sebelumnya, juga memiliki sel T SARS-CoV-2 reaktif. 

Berdasarkan pengamatan ini, mereka mengatakan sel T tersebut mungkin bereaksi silang dengan virus corona novel, SARS-CoV-2, karena infeksi di masa lalu dengan virus corona terkait yang menyebabkan gejala flu biasa.

Baca Juga: Selama Pandemi Virus Corona Indonesia Hadapi Lonjakan Kehamilan, Wanita Amerika Malah Menunda Punya Anak

Benarkah Virus Corona Sudah Ada di Spanyol Sejak Maret 2019? Ini Kata Ahli Virologi

Baca Juga: Ratusan Kandidat Vaksin Segera Tersedia, Namun Tak Ada Jaminan Mana yang Berhasil

Temuan ini, menurut para peneliti, menjawab pertanyaan yang kurang dipahami mengenai apakah sel T spesifik SARS-CoV-2, bervariasi pada pasien dari waktu ke waktu tergantung pada tingkat keparahan penyakit.