Find Us On Social Media :

Lemah Menghadapi Gorengan? Gunakan Minyak Paling Sehat Ini Untuk Menggoreng

Minyak kelapa dinyatakan sebagai minyak paling sehat untuk menggoreng.

 

GridHEALTH.id - Semua pakai kesehatan sering mendengungkan, makanan yang digoreng buruk bagi kesehatankarena tinggi lemak, kalori, dan sering kali garam.

Beberapa penelitian telah mengaitkan makanan goreng dengan obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang selanjutnya dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan diabetes.

Sebuah penelitian di Inggris pada 2017 yang dimuat di Medical Daily mengungkapkan bahwa makan kentang goreng dapat meningkatkan risiko kematian. Ditemukan bahwa orang yang suka makan kentang goreng berisiko dua kali lebih cepat pada kematian dini.

Penyebab utamanya adalah minyak tidak sehat yang digunakan untuk menggoreng kentang serta garam yang ditambahkan dalam jumlah tinggi. Padahal ada minyak paling sehat untuk menggoreng.

Proses penggorengan dapat mengubah kualitas dan meningkatkan kandungan kalori makanan. Sebagian besar restoran cepat saji menggunakan minyak terhidrogenasi, yang tinggi lemak trans, untuk menggoreng makanan karena meningkatkan rasa.

Tetapi minyak ini tidak baik untuk kesehatan kita. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Sehat dan Aman Makan Gorengan Tanpa Khawatir Radang Tenggorokan, Begini Kiatnya

Baca Juga: Risma Tidak Main-main, Kali Ini yang Melanggar Aturan Covid-19 Dimasukkan ke Kandang Harimau

Selain itu, restoran sering menggunakan kembali minyak ini,  bahkan berulangkali, membuatnya lebih buruk.